Friday, February 5, 2016

Teknologi Mobil Hybrid vs Mobil Fuel Cell

Tahukah anda tentang Toyota Hybrid?
Seluruh pabrikan mobil di dunia berlomba-lomba mengembangkan teknologi  mesin hybrid. Salah satunya Toyota, Toyota hybrid dirancang oleh pabrikan toyota dengan memadukan teknologi ramah lingkungan yang menambahkan sumber energi listrik sebagai pemacu mesin hybrid. Mobil Hybrid merupakan mobil yang menggunakan dua mesin, yaitu mesin tenaga fosil dan mesin listrik. Jadi belum sepenuhnya zero CO2.

Tahukah anda, apa itu Fuel Cell System?


Telah hadir Teknologi Fuel Cell System yang merupakan revolusi dari teknologi hybrid. Fuel cell system yang hanya membutuhkan gas Hidrogen dan Oksigen untuk menghasilkan energi listrik, teknologi dari Toyota ini disebut Toyota Fuel Cell System (TFCS).  Apakah ada sisa dari reaksi tersebut?  Tentu saja ada yaitu tetesan air (H2O). Sebagai perwujudan menjaga kelestarian alam untuk mencari bahan bakar yang dapat diperbarui yaitu gas hidrogen. Jadi mesin kendaraan TFCS ini sudah zero CO2.

Pabrikan ini meluncurkan mobil ramah lingkungan dalam semua varian tipe kendaraan dari sedan sampai SUV seperti Camry Hybrid, Avalon Hybrid, Highlander Hybrid, Prius Hybrid, dan RAV4 Hybrid, serta Toyota Mirai dengan perkembangan teknologi  Toyota Fuel Cell System (TFCS) yaitu FC stack Mirai yang merupakan pembaruan dari FC stac 2008. FC stack Mirai mampu mengeluarkan output daya listrik sebesar 114 kW dan dilengkapi power control unit sebelum digunakan untuk memacu motor listrik . Toyota Mirai ini sudah sepenuhnya tanpa bahan bakar fosil sehingga mobil ini menjadi icon mobil paling mutakhir.  Berikut video tentang Toyota Mirai.


Reference: https://www.youtube.com/watch?v=YrDmJBCB6lA



No comments:

Post a Comment